Puasa Pertama di Jepang

2019/05/06
Marhaban ya Ramadhan...

Rasanya baru beberapa waktu lalu pada saat sahur aku menonton film Umar bin Khattab, dan sekarang Ramadhan sudah tiba lagi. Syukur Alhmadulillah bertemu lagi dengan bulan Ramadhan.

Kemarin malam tarawih bersama rasanya jadi rindu suasana ramadhan di Indonesia. Tapi untuk tahun ini, dan dua tahun ke depan aku akan melewatkannya di Jepang. Berhubung aku baru menjalankan satu hari puasa. aku belum bisa berbagi tips bagaimana ramadhan di Jepang.

Perbedaan waktunya sangat terasa. Yah kalau di Indonesia jelas lebih singkat hanya 12 Jam, sedangkan di Jepang aku harus menahan puasa sekitar 18 Jam. Sebagai kaum minoritas Waktu dan tidak adanya Toleransi adalah Tantangan terBesarnya. Meski begitu teman teman disini dan orang kantorku masih bisa menghargai apa yg kami lakukan dalam artian (tidak melarang) bagiku ini suatu nikmat yang patut di syukuri.


1. WAKTU SAHUR

Kalau di Indonesia kalian akan mendengar suara dari Masjid yang membangunkan orang-orang untuk sahur, disini jelas tidak akan ada suara apapun. hehe..
Waktu sahur di jepang dimulai dari Jam 2 malam adalah waktu yang tepat untuk menyiapkan makanan sahur, bagi aku sendiri yang tinggal di Gifu waktu Imsak sekitar pukul 3:10 malam, sedangkan waktu subuh pukul 3:20.

2. WAKTU BERBUKA

Ini yang paling aku rindukan.. Yah. Suara Adzan. Semua orang yang berpuasa pasti menunggu Suara Adzan maghrib dikumandangkan. Tapi sayangnya itu tidak ada disini. Waktu maghrib disekitar Gifu adalah 18:38 saat aku perjalanan pulang kerumah, satu satunya cara adalah aku membatalkannya dengan air putih yang aku bawa terlebih dahulu.

Karena disini tidak akan ada pasar Ramadhan dipinggir jalan seperti di Indonesia, melainkan gunung yang mengelilingi kita. hehe..
Satu hal yang patut di Syukuri adalah bulan Ramadhan datang di musim Haru (Semi) karena suasananya sedang hangat. Jadi tidak begitu berat untuk menjalankannya. 

So, untuk teman teman yang menjalankan puasanya di luar negeri. Semangat Berpuasa!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

older Beranda